Jadikan Facebook sebagai Ladang Pahala

Udah punya akun Facebook belum?

Fakta menunjukkan Facebook adalah layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Apa yang sering Anda perbuat di dunia maya ini? Curhat pacar, pamer foto, gosip sana-sini. Taukah Anda? Facebook dapat menjadi ladang keberuntungan.

Facebook sebagai sarana berinteraksi dapat membawa manfaat bila bertujuan untuk kebaikan seperti bersilaturahim, menuntut ilmu, dan dakwah. Pengertian dakwah dapat diartikan menyeru atau mengajak kebaikan dalam rangka taat kepada Allah.  Siapa saja yang berkewajiban berdakwah? Sering kali kita mengira bahwa berdakwah hanya tugas dari ustad atau ulama, sunguh keliru perintah ini bersifat universal bagi seluruh umat islam sebagaimana firman Allah SWT dalam QS An Nahl: 125: “Serulah manusia ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik.” Apa fungsi berdakwah? Dapat kita simpulkan menjadi

ilustrasi by google

2 garis besar yaitu untuk memperbaki iman kepada Allah SWT dan membentuk muslim yang lebih berkualitas baik dari segi akhlak, amal, dan imannya. Terbukti dengan berdakwah akan tercapai kehidupan yang mulia yaitu seluruh insan yang beriman kepada Allah SWT dengan jalan yang benar tidak sekedar islam KTP.

Sahabatku coba bayangkan,  berapa banyak pahala yang bisa kita jaring Berdakawah via Facebook? Semakin  banyak yang membaca maka semakin banyak pahala. Belum lagi keutaam dakwah yang lain sebagaimana rasul bersabda, ” Sesungguhnya Allah, malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan di lautan, mendoakan kebaikan untuk orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (HR. Tirmidzi shahih)

Secara umum  fitur dalam Facebook terbagi  3 bentuk yaitu  tulisan, video, link, dan foto. Media untuk mempublikasikan yang dapat kita gunakan diantaranya melalui dinding sendiri, dinding teman, group, atau halaman penggemar (Fans Page). Group adalah sarana unutuk membentuk komunitas antar teman, alangkah baiknya bila kita membuat komunitas dakwah untuk saling berbagi ilmu. Halaman penggemar (fans page) fitur yang dapat dipakai menyebar luaskan dakwah keseluruh pengguna facebook, selain itu terdapat menu untuk memantau jumlah penggemar dari fitur ini. Jangan lupa agar lebih efektif  sebelum menyebarkan dakwah, terlebih dulu tandai/ tag nama teman kalian. Warning! Usahakan saat berdakwah hindari menyudutlkan unsur  SARA. Seringkali tanpa sadar dapat membawa fitnah oleh karenanya perlu hati-hati sesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Berapa banyak orang terjerumus dosa lantaran dunia maya?

Menulis status-status seperti menggunjing, Mengumbar foto aurot, mencela sesama muslim dll.  Coba banyangkan? Bila diketahui banyak orang berapa banyak kiriman dosa yang datang. Mari sudahi semua sebelum penyesalan jadi taruhan. Buktikan  cintamu kepada Allah dan Rasul dengan mematuhi perintahnya serta meneladani  perjuangan rasul semasa  hidupnya berdakwah hingga ajaran  islam menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Marilah kawan kita berlomba-lomba dalam  kebaikan sebagaimana Allah perintahkan dalam QS. Al baqoroh 148, ” maka berlomba-lombalahlah berbuat kebajikan.”

Jadikan jejaring sosial sebagai  ladang dakwah.  Semakin besar kepedulian kita untuk umat yakinlah  Allah SWT akan balas perjuangan kita dengan pahala yang lebih baik kunci meraih kebahagiaan dunia akherat. Amin

 Latifa Fitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *